Fasilitas Komplit, Perpustakaan Kabupaten Cirebon Berharap Mampu Tingkatkan Minat Baca

476
Gedung Perpustakaan Kabupaten Cirebon

Cirebon, demosmagz.com – Belakangan ini masyarakat Cirebon yang gemar membaca tengah dibuat asyik oleh layanan perpustakaan kabupaten yang dinilai sangat memanjakan para pengunjung. Perpustakaan yang letaknya di jalan Sunan Drajat itu memang memiliki fasilitas yang sangat baik dan membuat siapapun yang berkunjung akan betah berlama-lama disana.

Menanggapi banyak sobat demagz yang meminta agar portal media online ini meliput perpustakaan Kabupaten Cirebon, akhirnya membuat kami singgah ke perpus yang memiliki gaya bangunan modern itu. Kami berkesempatan mewawancarai Harcan sebagai Kasi Sirkulasi dan Pengembangan Perpus Kabupaten Cirebon, darinya kami mendapat banyak informasi. Menurut Harcan, perpustakaan itu mulai ada sejak tahun 1980 dan terus berkembang hingga kini.

“Pada tahun 1980 ada seorang dermawan yang menghibahkan perpustakaan namanya pak Sukarso, Itu masih sederhana di sebelah balai desa sumber kec.Sumber Kabupaten Cirebon. Perpus itu diberi nama TPMB atau Taman Perpustakaan Masyarakat Tipe B, baru tahun 1986 status perpustakaan berubah jadi UPTD, Kemudian tahun 2000 status lembaga menjadi kantor perpustakaan umum, dulu itu kantornya sebelah gedung korpri Sumber, baru di tahun 2001 status kelembagaan berubah menjadi UPT Perpustakaan Daerah pada badan Komunikasi, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cirebon dan Tahun 2014 baru pindah kesini di jalan Sunan Drajat nomor 20 Sumber Cirebon” ujarnya coba menjelaskan.

Di perpustakaan yang buka tiap Senin sampai Jum’at itu kita dapat menjumpai banyak sekali buku-buku baru yang menarik dengan ditunjang fasilitas gedung yang bersih dan nyaman. Selain itu akses wifi pun tersedia gratis disini. Terlebih para pengunjung bisa me-request kepada pengelola perpustakaan agar mengadakan buku yang ia ingin baca.

Suasana Perpustakaan Kabupaten Cirebon

“Alhamdulillah ada internet gratis jadi banyak rekan-rekan mahasiswa yang datang kesini untuk mengerjakan tugas, dan pengadaan bukunya update tiap tahun, karena penganggaran pemerintahkan tidak bisa setiap bulan, dalam pengadaan juga kami memberikan request, yang tidak ada disini bisa di sarankan, Ini salah satu kami cara untuk melengkapinya, mungkin itu yang membuat data pengunjung banyak disini ya, Sekarang ini Alhamdulillah ada sekitar 50 ribu eksemplar” Terangnya saat ditemui di tempat kerjanya.

Menurut Harcan pula antusiasme dari masyarakat Cirebon sudah cukup baik. Setidaknya ada ratusan orang yang datang ke tempat membaca dan meminjam buku itu. Akan tetapi meski begitu dirinya belum bisa berkomentar lebih banyak soal minat baca masyarakat Cirebon khususnya Kabupaten.

“Ya Alhamdulillah lah kalau sekarang angka pengunjung sudah sampai ratusanlah perhari, Bisa dilihat datanya, Kalau melihat dari tren kunjungan signifikan meningkat,  Kalau liat dengan skup yang luas seperti kabupaten Cirebon ya kita tidak bisa mengukur, Perpustakaan kita ini kan lingkup-lingkupnya baru sekitar sini kalau kita pembilang dan pembaginya sampai jutaan ya gak masuk, Tapi kalau ukurannya pengunjung ya trennya bagus” sebutnya.

Harcan dan pengelola perpustakaan Kabupaten Cirebon pun berharap agar minat baca masyarakat Indonesia khususnya Cirebon dapat meningkat dengan baiknya pelayanan dan fasilitas Perpus Kabupaten Cirebon.

“Harapanya manfaatkan fasilitas yang ada di perpustakaan ini dengan baik, karena ini milik kita semua dan coba melengkapi buku-buku yang dibutuhkan oleh masyarakat kabupaten Cirebon, untuk semua kalangan masyarakat Cirebon dari mulai anak TK sampai Mahasiswa atau mungkin ibu ibunya kami mencoba untuk melengkapi itu, Kedua minat baca itu merupakan tanggung jawab kita semua, Karena kemaren ada data yang menyebutkan kita termasuk Negara yang peringkatnya 61 dari 62 negara yang lemah membacanya, Itu sangat prihatin dan itu jadi tanggung jawab kita semua bukan hanya perpustakaan melainkan semua.” Tandasnya (wildan)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY