Encrod, Kudapan Renyah Buah Tangan Khas Cirebon

355
sumber foto : kasepuhan(dot)com

 

Wisata, Demosmagz.com Jika kita bicara soal kuliner di Kota Udang, maka pembicaraan kita tak akan pernah ada habisnya. Pasalnya, Cirebon memang di berkahi dengan segudang macam makanan khas yang menggugah selera. Memang di Kota Wali ini kuliner khasnya lebih mengarah pada makanan berat seperti lengko, empal gentong maupun nasi jamblang. Akan tetapi ternyata Cirebon juga punya makanan ringan yang khas. berbentuk kerupuk dengan rasa yang gurih. Encrod namanya

Encrod adalah makanan olahan dari singkong. Singkong yang akan di jadikang encrod mesti di tumbuk hingga halus dan di uleni dengan tangan. Setelah itu olahan singkong tersebut mesti di angin-angin. Lalu sesudahnya olahan singong tersebut di jemur seharian hingga kering. Baru kemudian encrod di bumbui dan kembali di jemur setengah hari. Setelahnya angkat dari proses penjemuran dan biarkan selama dua jam. barulah encrod siap digoreng.

Pembuatan yang memakan waktu lama sebanding dengan cita rasa yang dimiliki kerupuk khas Cirebon itu. Kudapan yang satu ini cocok sekali di santap bersama makanan-makanan berkuah seperti bakso atau soto. Akan tetapi encrod tetap enak dinikmati walau sebagai cemilan utama.

Encrod sangat cocok untuk di jadikan sebagai buah tangan jika sobat demagz ingin memberi oleh-oleh untuk sanak saudara atau kerabat di luar Cirebon. Kerenyahan dan gurihnya encrod adalah ciri khas yang harus di bagi untuk saudara dan kerabat dekat. Soal harga, jangan ditanya. Encrod sangat terjangkau dan benar-benar pas untuk oleh-oleh.(Wildan)

 

Artikel Lainnya

Unik ! Makanan Khas Cirebon Ini Terbuat Dari Tanah Liat

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY