Eksim Ternyata Dapat Disembuhkan Dengan Bumbu Dapur

274


Cirebon, demosmagz.com – Eksim atau sering disebut eksema, atau dermatitis adalah peradangan hebat yang menyebabkan pembentukan lepuh atau gelembung kecil (vesikel) pada kulit hingga akhirnya pecah dan mengeluarkan cairan. Istilah eksim juga digunakan untuk sekelompok kondisi yang menyebabkan perubahan pola pada kulit dan menimbulkan perubahan spesifik di bagian permukaan.  Istilah ini diambil dari Bahasa Yunani yang berarti mendidih atau mengalir keluar.

Gejala utama dari timbulnya eksim ringan adalah daerah halus, sedikit memerah kering, bersisik, dapat menimbulkan gatal ataupun tidak, dan biasanya terdapat pada kaki atau lengan. Pada penderita eksim akut, kulit akan mengalami gatal yang intens, biasanya terjadi di bagian depan siku, belakang lutut, dan wajah. Namun, setiap daerah kulit mungkin terpengaruh. Selanjutnya, kulit menjadi lebih sensitif terhadap kain gatal, terutama wol. Pada musim dingin, eksim akan menjadi makin parah karena udara di dalam ruangan sangat kering.

Ketika gejala penyakit Eksim muncul seperti terasa gatal atau muncul warna merah. Segera langsung diingat-ingat sebelumnya, apa yang dimakan dan dikenakan pada tubuh, lalu cepat hindari hal tersebut, agar tidak terulang munculnya rasa sangat gatal di kemudian hari. Eksim dapat diobati dengan beberapa bumbu dapur yang sering kita temui setiap hari. Bumbu masak yang kami maksud disini adalah rempah berupa kunyit dan lengkuas yang berfungsi juga sebagai penyedap masakan bagi ibu-ibu dirumah.

Nah berikut cara mengobati eksim secara tradisional dengan melibatkan ramuan dari bumbu masak.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

– 10 gram lengkuas

– 10 gram kunyit

– 3 gram kapur sirih

Cara membuat ramuan penyembuh eksim, Bersihkan kunyit dan lengkuas dengan air bersih, kemudian kedua bahan tersebut di parut, lalu parutan tersebut dicampur kapur sirih, selanjutnya tempelkan ramuan tersebut pada bagian yang terkena eksim, balutlah dengan kain perban supaya tidak terkena air, lakukan cara pengobatan ini secara rutin. Dan usahakanlah bagian kulit yang terkena penyekit Eksim tadi tidak terkena sabun. Kemudian yang perlu anda perhatikan jika anda menderita penyakit eksim, yaitu selalu perbanyak mengkonsumsi makanan seperti : makan tahu, tempe, bayam, hati, tomat, minum susu, pisang, yogurt, ikan, daun bawang, kentang, serta Teh chamomile. Semoga dapat bermanfaat tulisan ini disusun dari berbagai sumber, (kahar).

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY