Eco Cooler, Solusi Sederhana Atasi Suhu Panas

317

Demosmagz.comMeningkatnya suhu udara yang terjadi pada musim kemarau di wilayah dataran rendah bisa mencapai 450 C. Suhu panas tersebut membuat rumah-rumah terlampau gerah, dan menjadi tidak layak serta tidak nyaman untuk ditempati. Sebuah pendingin ruangan bisa saja digunakan untuk menurunkan suhu ruangan, tetapi itu terlalu mahal dan membutuhkan konsumsi listrik yang tinggi, sementara kondisi masyarakat yang tingkat ekonomi rendah tidak akan sanggup untuk memenuhi semua itu.

Dari persoalan tersebut muncul inisiatif untuk mengusir hawa panas dengan cara amat sederhana. menawarkan ide kreatif dan sangat solusional untuk membuat alat pendingin udara secara sederhana dan tanpa menggunakan listrik hanya dengan memanfaatkan limbah botol plastik, yang kita kenal dengan istilah Eco Cooler.

Pertama yang dibutuhkan hanya botol plastik bekas air mineral dan papan triplek dengan lebar sesuai kebutuhan. Botol plastik itu kemudian dipotong tengah menjadi dua bagian dan diambil bagian atas. Lalu papan triplek dilubangi selebar tutup botol dan jarak antar lubang disesuaikan dengan besarnya botol plastik yang digunakan. kemudian bagian ujung botol yang paling atas dimasukkan ke dalam papan yang sudah dilubangi seukuran tutup botol.

Sepintas mungkin kita tidak akan percaya bagaimana bisa botol-botol itu akan mendinginkan suhu ruangan yang amat panas. Ternyata cara kerjanya mirip dengan mulut saat meniupkan angin. Angin yang masuk melalui bagian tengah botol yang ukuran lubangnya lebih besar akan dihempaskan melalui tutup botol dengan ukuran lubang yang lebih sempit dengan tekanan yang lebih keras. Sehingga hempasan angin secara terus menerus akan membuat suhu ruangan menjadi sejuk.

Dengan hadirnya inovasi yang sederhana dan ramah lingkungan ini, hendaknya bisa menjawab persoalan suhu panas ruangan yang melanda di lingkungan kita.(kahar)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY