Dinas Pendidikan Kembangkan Budaya Baca Lewat Gebyar Literasi

301
Kegiatan Lomba Rangking 1

Cirebon, Demosmagz.com – Dinas Pendidikan Kota Cirebon mengadakan Gebyar Literasi pagi tadi, salah satunya Lomba review buku yang dilaksanakan pada 19 – 20 Oktober 2016 di lantai dasar CSB mall kota Cirebon.

Acara ini diikuti oleh siswa SD, SMP, dan SMA di kota Cirebon, baik sekolah negeri maupun swasta. Lomba review buku dibagi menjadi dua kategori yaitu Rangking 1 untuk SD dan SMP, kemudian dramatisasi buku untuk SMP dan SMA. Dalam hal ini, peserta diwajibkan membaca buku yang  telah di tentukan.

“Peserta membaca buku yang telah ditentukan, untuk SD dan SMP buku non fiksi, sedangkan SMA dibebaskan, pemilihan buku non fiksi agar lebih ringan.” Ujar Lilik Agus Darmawan, Ketua Gerakan Literasi Sekolah (GLS) kota Cirebon.

Lomba literasi ini merupakan program dari pemerintah pusat, yang kemudian oleh pemerintah provinsi mengembangkan program West Java Leader’s Reading Challenge (WJLRC). Hal tersebut mengupayakan untuk menumbuhkembangkan budaya baca dan kemampuan literasi secara umum. Dari sekitar 18 kabupaten dan kota di Jawa Barat, kota Cirebon sudah membentuk program GLS sejak 2 Mei 2016 dengan nama program Gelem Maca (Gerakan Literasi Masyarakat Cirebon Kota). Akan ada penghargaan bagi siswa yang memenuhi tantangan dari program WJLRC dan GLS kota Cirebon.

“Tantangan dari program WJLRC yaitu membaca 24 buku dalam satu tahun, acara ini merupakan wadah semangat, memberikan motivasi dan apreasiasi kepada anak-anak yang ikut,dan ini merupakan setengah dari perjalanan untuk tantangan tersebut sampai 2 Mei 2017 nanti, kita gong kan hasilnya seperti apa.” Ujarnya.

Selain Lomba review buku, acara Gebyar Literasi diantaranya meliputi pameran review buku yang ditulis siswa-siswa di kota Cirebon. Pameran tersebut sudah dimulai sejak tanggal 10 Oktober kemarin. Gebyar Literasi akan ditutup sabtu dan minggu nanti (23-24 Oktober) dengan lomba gerak dan lagu “Three Ends” tingkat pelajar se-kota Cirebon.

Menurut salah satu peserta yang mengikuti lomba review buku, ia berharap bisa menang dalam perlombaan tersebut. Dengan bekal membaca dan memahami isi buku non fiksi yang sudah di tentukan dalam perlombaan.

“Syaratnya membaca buku novel, judulnya sudah ditentukan jadi kita tinggal membaca isinya sampai akhir, kemudian nanti dalam perlombaan ada pertanyaan mengenai isi buku” Ujar Jalis Panca Bakti, siswa SMP N 1 kota Cirebon.(Ade)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY