Dibalik Makna Inisial “D” Angkot Cirebon

5896
Angkot cirebon

Cirebon, demosmagz.com – Angkutan umum kota (Angkot) merupakan salah satu media transportasi yang masih populer digunakan masyarakat Cirebon secara bersama-sama. Setiap kota memiliki ciri angkot yang berbeda,begitu pula dengan Angkutan kota Cirebon yang memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan angkot kota lain.

Angkot kota cirebon memiliki warna Biru muda selain warna ada juga ciri inisial abjad yaitu abjad “D” diikuti penomoran 1 sampai 10. Mungkin banyak orang yang bertanya kenapa angkot kota cirebon berinisial “D”, kenapa tidak “E” sesuai plat nomor atau “C” sesuai dengan awalan nama kota.

Inisial “D” pada angkot kota Cirebon bukan sekedar inisial atau kode semata, menurut penjelasan dishub kota Cirebon inisial “D” diambil dari kata Dukuh semar.

Hal ini dikarenakan jalur trayek angkot dari mulai D1 sampai D10 melewati terminal Dukuh semar. Memang dahulu inisial angkot kota Cirebon memakai huruf “G” karena pada saat itu terminal berlokasi di Gunung Sari, walaupun demikian inisial “G” tetap dipakai oleh angkot yang memiliki trayek ke arah kabupaten Cirebon.

Pemberian inisial huruf D pada angkot kota Cirebon sendiri juga didasari oleh Keputusan Walikota Cirebon No. 05 Th 1997. (Rangga)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY