Di Tilang? Ikut Sidang Saja, Begini Prosedurnya!

244

polisiDemosmagz.com – Mungkin bagi sobat demagz yang pernah kena tilang atau belum lama ini ditilang oleh  polisi dan bingung bagaimana prosedurnya jika harus membayar denda tilang di pengadilan? Tenang, disini kami bakal uraikan sedikit tentang bagaimana sistematika jika sobat demagz memilih jalur sidang untuk membayar kesalahan lalu lintas yang sobat demagz lakukan.

  1. Hindari Bayar Di Tempat

Pertama, ketika sobat demagz ditilang polisi, saran demos jangan coba-coba untuk menyuap oknum polisi agar urusan tilang menilang cepat selesai. Minta saja untuk disidang, atau jika ingin cepat dan praktis sekaligus tidak melanggar aturan, sobat demos bisa meminta agar denda tilang dibayar di bank.

Nah, jika anda memilih untuk menuntaskan denda tilang lewat jalur pengadilan, datanglah ke pengadilan pada hari dan waktu yang ditentukan atau ditulis oleh polisi yang menilang anda di surat tilang.

  1. Hindari Calo Saat Mendatangi Waktu Sidang

Ketika sampai di pengadilan negeri, biasanya sudah banyak jasa-jasa calo yang siap untuk membantu sobat demagz agar masalah penilangan cepat selesai tanpa harus sidang, akan tetapi apa salahnya jika kita mengikuti langsung pengadilan toh biaya denda tilang di sidang jauh lebih murah ketimbang menggunakan jasa calo

  1. Cukup Dengarkan Dan Jalani Proses Persidangan

Oke, jika kemudian sobat demagz memutuskan untuk tetap mengikuti prosedural sidang, yang anda lakukan adalah memberikan surat tilang pada petugas untuk mendapat nomer antrian dan tunggu sampai nama anda dipanggil . Prosesi sidang tidak memakan waktu lama, anda mungkin hanya akan ditanya kartu identitas dan kesalahan yang sudah anda perbuat. Setelah itu hakim akan memutuskan berapa denda yang harus dibayar. Angka dendanya jauh lebih rendah jika anda menyuap oknum polisi ataupun menggunakan calo.

Nah setelah itu anda tinggal membayar denda tilang tersebut dan barang bukti penilangan anda seperti SIM atau STNK bisa anda bawa pulang kembali. Sidangpun selesai

Bagaimana simpel bukan? Lebih baik mengikuti prosedural sidang daripada harus melanggengkan aksi suap ke oknum polisi atau menggunakan jasa calo. Selain terhindar dari dosa, uang yang anda bayarkan juga akan masuk kas negara, betulkan sobat demagz ? (Wildan)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY