Di Negara Ini, Curang Saat Ujian Akan Di Penjara

199


Demosmagz.com – Untuk mengetahui kemampuan siswa, salah satunya dilihat dari hasil penilaian ujian. Misalnya saja di China, siswa mengikuti ujian atau tes masuk perguruan tinggi atau di kenal Gaokao.

Tes tersebut merupakan syarat menjadi mahasiswa di Perguruan Tinggi disana, penerimaan tersebut hanya berdasarkan hasil tes. Karenanya, penting bagi siswa disana untuk belajar dengan sungguh-sungguh agar dapat memperoleh nilai tinggi. Mereka juga meyakini bahwa hanya siswa yang memiliki nilai tinggi saja yang akan mengenyam pendidikan dan pekerjaan yang lebih baik. Sementara mereka yang bernilai rendah merupakan siswa yang memiliki masa depan suram.

Betapa pentingnya tes tersebut,  maka memungkinkan juga terjadinya kecurangan selama ujian. Namun mulai tahun 2016 kemarin, pemerintah China memberikan sanksi hukuman bagi mereka yang berprilaku curang. Tak tanggung-tanggung, prilaku demikian dianggap sebagai tindakan kriminal, dan pelakunya akan di penjara selama 7 tahun.

Berdasarkan Undang-Undang yang berlaku pada November 2015, hukuman tersebut akan diperuntukan bagi mereka yang terlibat melakukan kecurangan secara masal atau menggunakan jasa orang lain untuk menggantikan siswa selama ujian.

Sebagai bentuk pencegahan, siswa yang sedang melaksanakan tes di awasi menggunakan CCTV. Juga mengerahkan rata-rata 8 polisi di setiap ruang ujian untuk mengawasi perilaku mencurigakan. Begitupun di beberapa kota disana melakukan pemeriksaan ketat terlebih dahulu sebelum memasuki ruang ujian.(Ade)

Baca Juga : Ini Dia Aktivitas Pelajar di Berbagai Negara Saat Libur Sekolah

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY