Di Kota Ini, Manusianya Ternyata Lebih Panjang Umur

238

Demosmagz.com – “Aku ingin hidup seribu tahun lagi” ya, itu adalah baris terakhir dalam puisi berjudul ‘AKU’ karya Chairil Anwar. Jika ditanya soal berapa lama kita ingin hidup di dunia ini. Barangkali jawabannya beragam, ada yang ingin selama-lamanya, ada yang ingin secukupnya atau ada yang bilang terserah tuhan saja. Tapi, tahukah sobat demagz jika sebetulnya setiap tempat atau juga setiap kota memiliki pengaruh terhdap keberlangsungan hidup seseorang.

Ya, banyak orang menyebutnya dengan sebutan ‘harapan hidup’ ada beberapa kota di Indonesia yang memiliki angka harapan hidup tinggi. Bisa dibilang jika hidup di kota tersebut, diri kita serasa memiliki harapan untuk memiliki umur yang panjang. Lalu, kota apakah yang dimaksud itu?

Jawabannya adalah Jogja. Atau lebih tepatnya provinsi daerah istimewa Yogyakarta. Disini tercatat memiliki angka harapan hidup 73,62. Data tersebut dihimpun oleh BPS pada 2013 lalu. Tidak bisa dipungkiri jika memang kota selalu memiliki sisi humanis yang mungkin dapat membuat siapapun menjadi lebih tenang ketika tinggal disana. Selain itu suasana kota yang cenderung tenang juga menjadi alasan mengapa Yogyakarta mendapat skor tertinggi. Bukan Cuma itu,tingginya skor angka harapan hidup di Yogya juga dikarenakan sudah cukup lengkapnya fasilitas penunjang kesehatan.

Hal kelengkapan fasilitas kesehatan juga yang akhirnya menempatkan Jakarta diposisi dua sebagai daerah dengan angka harapan hidup tertinggi di Indonesia. Meski kerap di cap sebagai kota yang ruwet namun banyaknya klinik, rumah sakit dan sarana prasarana lain menjadikan Jakarta sebagai tempat di Indonesia dengan usia rata-rata hidup terlama. Usia rata-rata hidup di Jakarta mencapai 73,56.

Sementara itu, angka 73 tahun yang di dapat oleh Jogja dan Jakarta sepertinya sangat jauh dengan rata-rata usia hidup orang di kota Okinawa Jepang ang memiliki angka harapan hidup mencapai 90 hingga 100 tahun. Jadi, jangan heran jika sobat berkesempatan pergi ke Okinawa dan mendapati banyak orang tua masih melakukan aktivitas-aktivitas yang biasa dilakukan oleh orang-orang muda.

Bicara usia memang urusan tuhan. Namun, sebagai manusia kita juga patut menjaga kesehatan dengan sebaik mungkin sebagai tanggung jawab atas tubuh yang tuhan titipkan saat ini. Selain itu adanya sarana prasarana kesehatan yang memadai serta suasana lingkungan sekitar dapat juga berpengaruh pada usia seseorang.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY