Di Indonesia, Jalan Raya Saja Bisa Jadi Tempat Wisata

195

Demosmagz.com – Kelok 9. Nama ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Sumatera khususnya orang-orang Sumatera Barat dan Riau. Sebab memang kelok 9 adalah jalan penghubung untuk menghubungkan dua provinsi tersebut. Kelok 9 terletak di Kabupaten Lima Putuh Kota. Jalan ini juga sekaligus menjadi bagian dari jalur lintas tengah Sumatera.

Mengapa disebut kelok 9? Karena memang jalur ini memiliki tikungan atau masyarakat setempat biasa menyebut kelok yang cukup tajam dan jumlahnya ada 9. Jalan di kelok 9 memiliki lebar sekitar 5 meter dan berbatasan langsung dengan jurang yang diapit oleh dua perbukitan. Kelok 9 juga sekaligus menjadi jalur yang diapit oleh dua cagar alam. Cagar alam air putih dan cagar alam harau.

Sebetulnya jika ditarik garis lurus. Panjang kelok 9 ini hanya 300 meter. Tetapi karena medan yang mesti dibangun jalan adalah sebuah bukit. Maka, mau tak mau rutenya pun harus disesuaikan. Tercatat jalan ini sudah mulai dibangun pada masa kolonial belanda di tahun 1908 sampai 1914. Selama tahun 1914 hingga medio 2000an tak banyak perubahan dari kelok 9 ini. Akan tetapi mengingat jumlah kendaraan yang terus bertambah. Maka mulailah jalanan eksotis ini direnovasi. Salah satu renovasi yang paling ketara adalah jembatan layang yang membentang sepanjang 2,5 KM.

Pembangunan jembatan dimulai pada tahun 2003 dan selesai pada tahun 2013. Sepuluh tahun pengerjaan Nampak membuat kelok 9 semakin cantik. Jalanan yang kokoh diantara bukit nan rimbun ditambah lagi adanya jalan layang membuat pengendara yang melintas semakin dimanjakan. Pembuatan jalan laying di kelok 9 ini juga terbilang memabanggakan selain bahan membuatnya asli Indonesia. Perancang jembatanya pun orang Indonesia dengan mengedepankan konsep pembangunan berbasis green contruction.

Jika dilihat dari jauh. Pemandangan Kelok 9 sangatlah indah sekaligus unik. Siapapun yang baru pertama kali melintas dijamin ingin berhenti dan berlama-lama disini. Sekedar menikmati pemandangan atau berselfie ria dengan latar belakang kelok 9.

Jika malam hari, maka lampu kendaraan akan berpadu padan dengan lampu jalan. Maka akan tercipta pemandangan yang sungguh tak biasa sekaligus menarik. Barangkali hal ini hanya dapat dijumpai di Kelok 9 dan itu tentunya ada di Indonesia.

Saat ini kelok 9 juga menjadi ikon wisata Sumatera terutama Sumatera Barat. Lihat, bagaimana di Indonesia sebuah jalan raya penghubung saja dapat menjadi ikon pariwisata dan dinobatkan sebagai wisata andalan. Hal itu bukan hanya karena keunikan jalur kelok 9 tapi juga karena pemandangan indah yang hanya dapat dilihat di Kelok 9 Ini(Wildan

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY