Di Cirebon, Hukuman Penjara Disiapkan Bagi yang Sembarang Merokok

345

Cirebon, demosmagz.com – Pemerintah Kota Cirebon belum lama ini mengeluarkan peraturan Daerah tentang kawasan tanpa Rokok.  Perda yang rencananya berlaku mulai ranggal 25 September ini nantinya akan mengatur soal tempat-tempat di Kota Cirebon yang tidak diperbolehkan untuk merokok. Ada empat titik yang nantinya menjadi kawasan bebas rokok di Kota Cirebon

Empat titik tersebut adalah kawasan Kesehatan, Kawasan Pendidikan, Tempat Ibadah dan juga tempat bermain anak. Bagi para pelanggar yang merokok di kawasan bebas rokok dapat dikenai denda 10 juta Rupiah atau kurungan penjara selama 30 hari.

Nantinya dalam Perda Nomor 8 Tahun 2015 itu bakal terdapat tiga ketentuan penerima sanksi. Pertama sanksi diberikan untuk para penanggung jawab atau pimpinan institusi yang melakukan pelanggaran seperti enggan memberi imbauan tidak merokok, tidak menegur langsung perokok, memproduksi, mengiklankan sampai menjual rokok dilingkungan di mana ia memimpin.

Pelanggar kedua hadir dari para produsen, penjual atau pengiklan rokok di kawasan bebas rokok. Mereka yang melanggar ketentuan ini akan dijatuhi hukuman kurungan 30 hari penjara atau denda 5 juta rupiah atau penahanan Kartu Tanda Penduduk.

Pelanggar ketiga ialah mereka yang melanggar dengan merokok di kawasan bebas rokok. Mereka yang melanggar bakal dikenai denda Rp. 100 ribu dan biaya pembebanan paksa penegakan hukum sebesar Rp. 50 Ribu atau hukuman penjara selama tiga hari. (wildan)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY