Daftar Tunggu Haji Cirebon Masih 17 Tahun Lagi

1260


Demosmagz.com – Idul Adha segera tiba, itu artinya keberangkatan haji sudah menjadi topik hangat yang tengah diperbincangkan oleh khalayak ramai. Salah satu topik haji yang selalu diperbincangkan adalah soal kuota haji. Ya tahun ini Indonesia belum menambah kuota keberangkatan haji sehinga daftar tungu para calon haji masih belasan tahun. Tapi tahukah sobat demagz berapa kuota haji kota dan kabupaten Cirebon setiap tahunnya?

Kota Cirebon setiap tahunnya megirim calon haji ke baitullah sebanyak 247 orang. Hal ini menimbulkan antrean calon jamaah haji dari Kota Cirebon sampai tahun 2033. Antrean hingga 17 tahun itu dikarenakan peminat haji dari Kota Cirebon yang hingga tahun ini mencapai 4338 Jamaah. Akan tetapi hingga saat ini baru 253 jamaah yang sudah masuk dalam kategori lunas tunda.

Sementara itu di Kabupaten Cirebon sendiri untuk keberangkatan calon jamaah haji yang berangkat ke tanah suci berjumlah 1869 jamaah. Jumlah itu menimbulkan antrean keberangkatan hingga tahun 2031 mengingat calon jamaah haji dari Kabupaten Cirebon yang telah mendaftar sebanyak 29565 jamaah. Hanya saja yang telah masuk kategori lunas tunda baru 612 jamaah saja.

Ibadah haji memang termasuk rukun islam ke lima yang wajib dilakoni umat muslim yang mampu melaksanakannya. Karena itulah disebabkan Indonesia adalah negara dengan populasi muslim terbanyak di dunia daftar tunggu Indonesia menjadi begitu mengular. Pemerintah diharapkan dapat bernegoisasi dengan pemerintah Arab Saudi untuk menambah jumlah kuota haji dari Indonesia.(wildan)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY