Cosplay Cirebon, Bukan Sekedar Berkostum

1155


Demosmagz.com – Cirebon merupakan salah satu kota yang cukup banyak jumlah masyarakatnya, namun kota ini masih terbilang sepi aktivitas karena masih sedikit komunitas-komunitas yang ada di kota udang ini. Namun jangan salah, ternyata masih ada loh beberapa komunitas-komunitas kreatif yang aktif dan eksis.

Kreatifitas biasanya disalurkan lewat komunitas, salah satunya lewat komunitas fashion ini yakni komunitas cosplay. Komunitas ini berkutat pada fashion namun yang unik dari cosplay adalah kostum yang mereka kenakan mengikuti tokoh-tokoh dari film. Kostum tokoh-tokoh film yang mereka pakai biasanya berasal dari animasi jepang atau biasa disebut Anime dan juga dari film-film superhero yang mayoritas berasal dari Amerika.

Kota ini ternyata memiliki beberapa komunitas cosplay diantaranya Sekoceng dan Kimochi Cirebon Lovers. Keduanya sering mengolah kreativitas mereka lewat cosplay, hanya saja komunitas Kimochi tidak hanya cosplay, mereka juga membuka pintu bagi para pecinta anime,game, dan manga. Akan tetapi walaupun ada perbedaan mereka terlihat sering malakukan gath bersama dan terlihat saling mendukung satu sama lain. “ Kami sering kumpul bareng kok sama sekoceng, di situ kita bisa saling sharing dan nambah temen” Ujar Terang Zetsu anggota kimochi saat didatangi demosmagz.com.

Komunitas ini juga terbilang cukup banyak peminatnya, kurang lebih dari 30 orang ikut dalam komunitas cosplay.Rata-rata yang aktif dalam komunitas ini adalah para pelajar  SMP dan SMA karena waktu mereka cukup banyak untuk berkumpul di komunitas ini, namun ada juga beberapa yang sudah menjadi mahasiswa dan bahkan ada juga yang sudah bekerja namun masih ada yang menyempatkan beraktivitas di komunitas ini. “ Di sini seru, kita bisa nambah teman, nambah kreatifitas, dan hobi pun tersalurkan dengan positif dibanding kaya ikut-ikutan genk motor” Tambah Zetsu.

Dalam membuat kostum untuk cosplay ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, bagi para pemula mereka bisa memesan ke toko-toko online namun lebih mudah jika membuatnya di dalam komunitas. Lewat komunitas kita bisa mengasah kreativitas dalam membuat kostum sehingga bisa lebih hemat dibandingkan membeli atau memesan barang yang sudah jadi, dan biasanya didalam komunitas sudah ada orang yang khusus membuat kostum atau mereka biasa disebut maker. Heru anggota komunitas cosplay Sekoceng menjelaskan jika merangkai kostum dengan kreatifitas kita sangat mengasyikkan “ Justru paling asyik pas kita lagi membuat kostum, dengan alat-alat yang sederhana sebenarnya bisa dipakai dan lebih murah paling keluar sekitar Rp.300.000 – Rp.400.000 “ Terangnya saat ditemui di tempat gath. Jika beli langsung budget dalam membuat cosplay bisa mencapai jutaan namun jika kita kreatif bisa jauh lebih hemat.

Setiap Weekend mereka selalu mengadakan gathatau kumpul untuk sharing-sharing dan membahas hal-hal terkait cosplay, namun baru- baru ini mereka ingin sekali membuat sebuah event besar di kota Cirebon dan berharap bisa didukung oleh pemerintah. Biasanya event-event besar labih sering di adakan di ibukota seperti Comicoon dan AFA ID. “ Kita pengen banget bikin event besar di Cirebon dan kita juga berharap pemerintah bisa bantu supaya bisa lebih mudah memajukan komunitas dan nama cirebon sendiri” Ujar zetsu.

Selain perhatian pemerintah para anggota cosplay ini juga terus berusaha menambah anggotannya lewat berbagai cara seperti di medsos dan gath rutin, Karena mereka yakin masih banyak teman-teman di cirebon yang tertarik namun masih belum tahu jika komunitas cosplay ada di cirebon. Lewat komunitas mereka yakin bisa mengasah kreatifitas dan menjauhkan dari kegiatan-kegiatan negatif yang menghantui para pemuda, seperti Lia yang mendapat banyak pelajaran dari komunitas cosplay dan hingga sekarang ia  masih sering mengunjungi dunia cosplay walaupun sudah sibuk berbisnis. “ Cosplay bukan hanya berkostum, tapi disini juga penuh pelajaran bisa kita ambil seperti seni merangkai kostum, seni fashion, dan masih banyak lagi” Terangnya dengan semangat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY