Cirebon Ternyata Termasuk Salah Satu Kota Termungil Di Indonesia

1225


Cirebon demosmagz.com – Indonesia memang memiliki luas wilayah yang cukup besar untuk kaliber sebuah negara. karena itu pula membuat Indonesia membagi wilayahnya dalam tiga bagian dan memetakanya menjadi 34 Provinsi yang kemudian di pecah lagi menjadi kota dan kabupaten yang terebar di seluruh Nusantara.

Meski begitu, ternyata tidak membuat Indonesia selalu diisi oleh wilayah yang memliki dataran yang luas. beberapa kota di Indonesia ternyata memiliki wilayah yang sempit. sebut saja Kota Sibolga di Sumatera utara yang luasnya hanya 10,77 km2 persegi saja. Sibolga juga di sebut sebagai kota dengan luas wilayah paling kecill di Indonesia.

Selain Sibolga juga ada beberapa kota lain yang tak kalah mungilnya, seperti Kota Padang Panjang dan Bukit Tinggi di Sumatera Barat. masing-masing kota tersebut luasnya tak lebih dari 23 KM2 dan 25,24 KM2. Salah satu yang menarik dari fakta kota-kota dengan luas wilayah paling mungil adalah soal letaknya yang kebanyakan di Pulau Jawa. seperti Mojokerto dengan luas hanya 16 KM2, Magelang dengan 18 KM2, Yogyakarta dan Blitar yang luasnya hanya 32KM2, lalu ada Pasuruan yang luasnya 36,58 KM2

Diantara sederet nama kota diatas, ternyata Kota Cirebon juga masuk sebagai salah satu kota termungil di Indonesia, Luas si Kota Udang ini hanya 37,36 KM2 jika di urut kan dari kota terkecil di Indonesia, barangkali Kota yang terletak di ujung timur Jawa Barat itu menempati posisi ke 9 dengan luas paling kecil di Nusantara.(Wildan)

 

Ditulis dari berbagai sumber

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY