Cirebon Menuju Kota Metropolitan

687


Cirebon merupakan wilayah yang terletak didaerah pantai utara Provinsi Jawa Barat bagian timur berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah. Meskipun demikian, Cirebon menyimpan banyak potensi baik dari segi sumber daya alam maupun sosial dan budayanya, hal ini tak luput menjadi perhatian pemerintah provinsi. Seperti halnya akhir-akhir ini yang sedang hangat diperbincangkan khalayak, yaitu pemerintah Provinsi Jawa Barat dikabarkan tengah merencanakan untuk mencanangkan Cirebon menjadi kota metropolitan yang bersanding dengan DKI Jakarta.

Sebenarnya rencana tersebut merupakan hal yang menggembirakan. Akan tetapi perlu beberapa hal utama yang jangan sampai dikesampingkan dalam proses eksekusi rencana ini, yaitu yang pertama adalah tata kota, saat ini Cirebon sudah dilirik para investor yang dibuktikan dengan banyak dibangunnya gedung-gedung bertingkat, selain itu tengah dibangun pula Bandara Internasional di Majalengka yang semakin menambah daya tarik investor menginvestasikan sahamnya di Cirebon. Oleh karena itu, tata kota tetap harus disesuaikan dengan kondisi wilayah Cirebon sendiri. Cirebon merupakan kota yang sampai saat ini masih tenang dan jarang ditemukan kemacetan parah kecuali pada saat-saat tertentu seperti arus mudik dan arus balik. Jangan sampai pembangunan infrastruktur yang diharapkan akan menunjang kemajuan Cirebon malah mengundang kesemrawutan seperti kemacetan.

Hal berikutnya yaitu mempersiapkan masyarakat menghadapi transformasi, Cirebon menjadi kota metropolitan. Pembangunan wilayah tidak bisa melepaskan diri dari masyarakat, sangat penting bagi pemerintah untuk memerhatikan warganya dalam proses Cirebon menuju kota metropolitan, misalnya dengan meminimalisir angka kemiskinan serta membiasakan diri pada masyarakat untuk melek terhadap teknologi. Karena pada zaman modern ini, manusia dituntut untuk tidak gagap teknologi agar tidak tergilas oleh perkembangan zaman.

Pemerataan fasilitas mendasar seperti penerangan juga perlu dilakukan, jangan sampai masih ada masyarakat yang tidak menikmati fasilitas tersebut, dari hal sederhana ini saja jika belum terpenuhi maka menunjukkan belum siapnya masyarakat Cirebon menuju kota metropolitan.Hal yang perlu diperhatikan pula adalah mengenai kearifan lokal Cirebon yang harus tetap dijaga kelestariannya, apalagi Cirebon dikenal dengan sebutan kota wali yang kental dengan budaya yang agamis, meskipun pembangunan infrastruktur yang modern, sebagai negara yang menghargai budaya bangsa, hal-hal tersebut harus tetap dijaga keberadaannya dan tetap dilestarikan, yang mana hal tersebut menjadi tanggung jawab bersama baik dari pihak pemerintah maupun masyarakat.

Selanjutnya adalah mengenai transportasi, dengan letak geografis yang strategis, menjadikan Cirebon jalur utama transportasi dari Jakarta menuju Jawa Barat dan Jawa Tengah yang melalui daerah utara atau pantai utara (pantura), keadaan ini menjadikan Cirebon sebuah wilayah yang memang strategis untuk dikembangakan menjadi kota metropolitan. Salah satu langkah yang tengah direncanakan untuk memenuhi infrastruktur transportasi ini, yaitu dimulainya studi untuk trayek Bus Rapid Trayek (BRT) yang setara dengan konsep bus transjakarta.

Jika ditilik lebih dalam, Cirebon memiliki infrastruktur transportasi yang memadai dan cukup lengkap, selain terdapat angkutan masal yang umum berupa bus antar kota dan angkot, di kota Cirebon juga terdapat stasiun kereta api, pelabuhan untuk transportasi laut, tol yang mengubungkan dengan beberapa daerah sekitar, dan sebentar lagi akan rampung bandara internasional Jawa Barat di Majalengka yang bertetanggaan dengan Cirebon. Oleh karena itu, Cirebon mempunyai potensi yang cukup besar untuk berkembang menjadi kota Metropolitan.

Cepat atau lambat terlaksananya perencanaan Cirebon menjadi kota metropolitan memang sangat bergantung pada pemerintahan sebagai roda penggerak yang aktif, meski peran masyarakat juga tidak bisa diacuhkan. Dengan segala potensi yang ada, semoga rencana ini dapat segera dieksekusi dengan tepat dan cermat agar segera bisa dinikmati dan diterima dengan baik khususnya oleh warga Cirebon dan juga sekitarnya demi kemajuan Cirebon menjadi lebih baik.

 

Oleh: Suci Anadila Nurkaromah

*Penulis Adalah Juara Lomba menulis artikel Build Your Mindset

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY