Cirebon Entrepreneur Fest 2016, Saatnya UMKM Kota Udang Berjaya

415

img-20161111-wa0006Cirebon, Demosmagz.com – Bank Indonesia menyelenggarakan Cirebon Enterpreuneur Fest 2016 (CEF) pada Jum’at – Minggu, 11 – 13 November 2016 di Gedung wanita, kota Cirebon. pada acara ini Terdapat 45 stand yang mengangkat produk lokal Cirebon.

Diantaranya terdapat beberapa stand batik, sandal karakter, keramik karakter, kerajinan ban bekas dan gerabah, aneka sirup, koperasi beras organik, sari madu tawon, bibit tanaman, olahan dari laut, daur ulang limbah dan lain-lainnya yang memanfaatkan bahan baku lokal.

CEF 2016 merupakan salah satu wujud dukungan BI untuk pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada diwilayah kerja KPW BI Cirebon.

Event ini diharapkan akan mampu lebih mengenalkan produk unggulan UMKM di daerah dan membuka wawasan bagi masyarakat bahwa semua lini ikut mendukung pengembangan UMKM mulai dari Perbankan, Dinas, serta pihak terkait lainnya.

“CEF ini diharapkan akan mampu menjadi event tahunan yang dapat meningkatkan daya saing UMKM serta menarik potensial buyer baik domestic maupun intersional.” Kata M. Abdul Majid Ikram, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cirebon.

Menurut M. Abdul Majid dalam opening ceremony mengatakan bahwa UMKM bisa menjadi penggerak perekonomian. Katanya, berdasarkan BPS, 60% bergerak di UMKM. Di tahun ini, penyaluran kredit UMKM meningkat dari tahun sebelumnya, jumlahnya 11, 6 triliun.

“UMKM yang ada mampu menyerap angkatan kerja. BI memberikan perhatian mendorong sektor UMKM ini. “ ucapnya dalam sambutan acara CEF.

BI melakukan pembinaan dan kegiatan pengembangan UMKM melalui bank-bank yang tertentu. Mencakup wilayah Ciayumajakuning. Puncaknya, yakni acara CEF 2016 yang bertujuan mengenalkan produk UMKM binaan, meningkatkan jiwa kewirausahaan, dan intermediasi pembiayaan oleh bank. Maksudnya, UMKM binaan yang mau melakukan ekspansi bisa mengajukan kredit bisa ke bank.

Rangkaian acara CEF 2016 diantaranya pada 11 November 2016 meliputi Live music &soft opening, Opening ceremony, talk show pengembangan bisnis E-commerce, dan performance kesenian daerah. Pada hari kedua meliputi Workshop pembuatan kue, Live DJ, dance competition, dan lomba stand up comedy. Kemudian pada hari Minggu meliputi senam aerobic, lomba mewarnai, magic performance, kompetisi duta menabung dan ditutup dengan pengumuman juara.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY