Cara Mengajar Guru Pengaruhi Motivasi Belajar Siswa

264


Demosmagz.com – Beberapa sekolah di Cirebon sudah menerapkan kurikulum 2013, baik tingkat SMP/MTS maupun tingkat SMA/K sederajat. Kurikulum ini mengutamakan siswanya untuk belajar aktif dan guru menilai siswanya lebih detail dan deskriptif.

Meskipun demikian, motivasi siswa untuk belajar tidak hanya muncul karena siswa tersebut aktif di dalam kelas, melainkan karena bagaimana cara guru mengajar. Beberapa siswa SMA negeri di kota Cirebon mengaku menyukai guru yang menjelaskan materi secara detail dan jelas. Imbasnya, siswa tersebut akan menyukai pelajaran yang disampaikan.

“Saya menyukai guru yang menjelaskan materi secara jelas, sehingga saya menjadi suka pelajaran tersebut.” Ujar Devi, siswa SMAN 7 Cirebon.

Hal serupa juga dialami oleh salah satu siswa di SMAN 5 Cirebon, keterampilan guru mengajar sangat berpengaruh terhadap minat dan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran yang di ampu. Gaya guru mengajar yang monoton dan terlalu cepat dalam menjelaskan membuat siswanya tidak menyukai pelajaran tersebut.

“Ada guru yang jarang masuk, kurang jelas ketika menyampaikan materi, saya jadi nggak suka pelajaran itu,” ucap Eka.

Terkait kurikulum yang baru, menurutnya yang terpenting adalah cara guru mengajar di kelas, dan bagaimana guru tersebut memberi motivasi kepada siswanya, sering sharing, dan tidak terlalu cepat dalam menjelaskan materi.

Pada hakikatnya, siswa memang dituntut untuk belajar dan mencari informasi secara luas untuk mendukung dalam proses pembelajaran. Bukan hanya bergantung pada apa yang disampaikan guru saja. Tentu saja, tidak lepas dari bagaimana arahan guru untuk membuat siswanya menjadi apa dan bagaimana semestinya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY