Cantik dan Sehat Dengan Buah Cery Jawa

300


Demosmagz.com – Kersen atau talok (Muntingia calabura L.) adalah sejenis tanaman pohon sekaligus buahnya yang kecil dan manis berwarna merah cerah. Tanaman kresem sangat mudah di jumpai dimana saja, Buah Kersen mentah berwarna hijau, kalau sudah matang akan berubah menjadi kemerahan. Orang biasa menyebut buah kersen sebagai cery Jawa, karena bentuknya yang mirip dan rasa buah juga sangat manis.

Tanaman buah kersen juga mengandung nutrisi penting, diantaranya Air, protein, karbohidrat, lemak, serat, abu, fosfor, kalsium, besi, betakaroten, Vitamin A, Vitamin C, tianin, niacin, dan ribofalin. Tidak hanya buahnya, daun buah kersen juga berkhasiat sebagai anti tumor, karena kaya senyawa tanin, saponin dan flavonioda. Selain itu juga berkhasiat sebagai antiseptik dan antiinflamasi/antiradang.

Meskipun buah kersen sudah banyak dikenal, sayangnya banyak orang yang belum menyadari banyaknya manfaat yang terkandung didalamnya, penulis akan coba mengulas manfaat buah kersen untuk kesehatan dan kecantikan ;

  • Menangkal Radikal bebas, Buah kersen kaya antioksidan yang berkhasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam menangkal radikal bebas penyebab penyakit berbahaya misalnya kanker.
  • Mengatasi asam urat, Asam urat sangat berbahaya bagi kesehatan. Nah, buah kersen bisa membantu mengurangi rasa sakit akibat penyakit asam urat. Caranya dengan merebus daun kersen dan meminumnya secara rutin setiap hari.
  • Menyehatkan jantung, Kandungan antioksidan dan nutrisi lainnya dalam buah kersen dapat melindungi organ jantung.
  • Anti-kanker, Memiliki sifat anti kanker membuat daun buah kersen ini ampuh mencegah dan menyembuhkan penyakit kanker.
  • Antiseptik pembunuh bakteri dalam tubuh, Rutin mengonsumsi buah atau air rebusan daun kersen sangat berkhasiat bagi tubuh, karena membantu membunuh microba yang berbahaya bagi tubuh.
  • Menyembuhkan diabetes, Kandungan serat alami dan nutrisi lainnya dalam buah kersen dipercaya ampuh mencegah dan meringankan penyakit diabetes.
  • Mengatasi hipertensi, Kandungan kalium dalam buah kersen dipercaya bagus untuk menormalkan tekanan darah sehingga penyakit hipertensi dapat dihindari.
  • Menjaga kesehatan mata, Kandungan Vitamin A dan betakaroten dalam buah kersen ampuh menjaga kesehatan mata dan melindungi penglihatan.
  • Mencegah penuaan dini, Kandungan Vitamin C dan antioksidan dalam buah kersen ampuh mencegah tanda-tanda penuaan dini, sehingga kulit wajah akan lebih kencang dan bersih bersinar.
  • Mengatasi masalah Jerawat, Kandunagn vitamin C dan antioksidan dalam buah kersen juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Caranya cukup memencet buah kersen dan mengoleskannya secara merata pada wajah. Diamkan selama semalam, bilas pada pagi harinya.

Banyak lagi kandungan lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti meredakan gejala flu, mengatasi kejang atau kaku di bagian saluran pencernaan akibat gastritis dan diare, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak  mudah sakit, Meredakan sakit kepala, Kandungan air pada buah kersen dapat mengembalikan kelembaban alami kulit sehingga kulit akan terus terlihat segar, Mencegah dan menyembuhkan batuk.

Tanaman buah kersen tak hanya bermanfaat di bagian buahnya saja, daun tanaman kersen juga tak kalah bermanfaat dengan buah kersen. Daun tanaman kersen dapat diolah menjadi teh yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Cara pembuatannya cukup mudah, cukup dengan mengeringkan daun kersen lalu seduh dengan air panas. Silahkan anda minum sehari dua kali untuk menurunkan tekanan darah tinggi, bagi yang menderita hipertensi. Catatan ini di himpun dari berbagai sumber. (kahar)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY