BPI Sediakan Beasiswa Magister dan Doktor Ke Dalam Dan Luar Negeri

282

beasiswa bpi
Demosmagz.com – Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) menyediakan beasiswa Magister dan Doktor di Perguruan Tinggi di dalam dan di luar negeri.  BPI adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP.

Sasaran penerima beasiswa ini adalah warga negara Indonesia yang memiliki kemampuan akademik yang unggul dan jiwa kepemimpinan yang kuat serta memiliki keinginan untuk melaksanakan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral pada perguruan tinggi tujuan LPDP baik pada bidang ilmu yang sama maupun berbeda dengan bidang ilmu pada jenjang pendidikan sebelumnya.

Sasaran bidang ilmu BPI program Magister dan Doktoral sesuai prioritasnya adalah bidang Teknik, bidang Sains, Bidang Pertanian, Bidang Kelautan dan Perikanan, Bidang Akuntansi dan Keuangan, Bidang Hukum, Bidang Agama, Bidang Pendidikan, Bidang Sosial, Bidang Ekonomi, Bidang Budaya, Seni dan Bahasa serta bidang lainnya. Selain itu, program ini memiliki tema prioritas sebagai berikut kemaritiman, perikanan, pertanian, ketahanan energi, ketahanan pangan, industri kreatif, manajemen pendidikan, teknologi transportasi, teknologi pertahanan dan keamanan, teknologi informasi dan komunikasi, teknologi kedokteran dan kesehatan, keperawatan, lingkungan hidup, keagamaan, keterampilan (Vokasional), ekonomi/keuangan syariah, budaya/bahasa dan hukum bisnis internasional.

Penerima beasiswa program Magister atau program Doktoral akan diberikan dana pendidikan yang meliputi biaya pendidikan mulai dari pendaftaran, SPP, non-SPP seperti buku, tesis/disertasi, seminar, publikasi, dan wisuda. Serta biaya pendukung seperti transportasi keberangkatan dan kepulangan studi menuju perguruan tinggi tujuan, asuransi kesehatan, visa, biaya hidup bulanan, tunjangan keluarga, keadaan darurat dan lainnya.

Adapun persyaratan pendaftar secara umum diantaranya Warga Negara Indonesia, telah menyelesaikan program sarjana atau program magister dari perguruan tinggi yang telah terakreditasi, memiliki karakter yang baik, berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan / keilmuan / inovasi / kreasi / budaya, Menulis essay (500 sampai 700 kata) dengan tema: “Kontribusiku Bagi Indonesia: kontribusi yang telah, sedang dan akan saya lakukan untuk masyarakat / lembaga / instansi / profesi komunitas saya” dan “Sukses Terbesar dalam Hidupku”, dan lainnya. Adapun persyaratan khusus bagi pelamar dapat dilihat di halaman website resmi www.lpdp.kemenkeu.go.id.

Pendaftaran beasiswa BPI untuk program Magister dan Doktoral dibuka sepanjang tahun, dengan proses seleksi empat kali.(Ade)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY