Biji Quinoa, Makanan Pokok Pengganti Nasi yang Kaya Akan Protein

143

Demosmagz.com – Dari banyak biji-bijian yang sehat untuk dikonsumsi, quinoa menjadi pilihan yang baik buat menjaga kesehatan otot, karena quinoa pengganti nasi yang baik dan juga asupan yang kerap dijuluki superfood ini kaya akan protein sehingga cocok untuk dijadikan sumber protein nabati. Selain itu, quinoa juga kaya akan asam amino esensial yang penting untuk kesehatan, seperti metionin, lisin, serta triptofan.

Quinoa memiliki sifat antioksidan yang nantinya akan menjaga kesehatan jantung, hati, paru-paru, pancreas serta ginjal, dan melindunginya terhadap stress oksidatif. Quinoa memiliki aktivitas antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan serealia lainnya. Quinoa banyak mengandung senyawa yang bersifat antioksidan, seperti fenolat, polifenol, serta antosianin. Kecambah quinoa juga kaya akan kandungan antioksidan.

Dalam penyediaannya, quinoa perlu dicuci sampai airnya benar-benar jernih, untuk membersihkan saponin yang terdapat di bahagian bijian kalau tidak ia akan terasa pahit. Seperti beras, quinoa mengembang apabila dimasak. Quinoa juga sesuai dihidangkan dengan lauk-pauk. Quinoa dapat diolah bukan hanya sebagai pengganti nasi, tapi juga dapat diolah menjadi roti, dan kue-kue lainnya. Secara ilmiah, quinoa juga dapat membantu kesehatan.

Quinoa merupakan serealia yang kaya akan protein serta karbohidrat dengan nilai indeks glikemik yang rendah. Selain itu quinoa juga mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6, serta antioksidan. Sehingga dengan cara mengkonsumsi quinoa akan ikut mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular di masa depan.

Quinoa kaya akan serat yang larut dalam air. Serat ini nantinya akan ikut menjaga kesehatan serta meningkatkan kerja system pencernaan serta memfasilitasi gerakan usus yang sehat. Hal seperti ini nantinya akan mengurangi resiko terjadinya kembung, nyeri lambung, sembelit serta kelebihan gas.

Serat yang terkandung dalam quinoa juga ikut membantu mengurangi terjadinya batu empedu. Mengkonsumsi quinoa ikut membantu mengurangi sekresi cairan empedu serta ikut membersihan organ empedu, sehingga mencegah munculnya batu empedu.

Berdasarkan studi yang dirilis American Journal of Gastroenterology, konsumsi makanan dengan serat yang tinggi dapat mencegah pembentukan batu empedu. Serat dapat mengurangi sekresi asam empedu (jumlah yang berlebihan berkontribusi terhadap pembentukan batu empedu), meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan trigliserida (lemak darah).

Setelah mengetahui banyaknya manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi quinoa, maka jangan ragu untuk mengkonsumsinya. Dikutip dari berbagai sumber.(kahar)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY