BI Resmi Rilis 11 Uang Rupiah Baru

814
Desain Baru Uang Rupiah

Jakarta, demosmagz.com – Bank Indonesia (BI) pagi tadi (19/12) resmi mengeluarkan desain baru uang Rupiah. Sebanyak 11 desain baru rupiah itu bakal berlaku mulai hari ini. BI dalam tahun emisi rupiah 2016 ini menampilkan 12 pahlawan yang bakal menjadi model dari rupiah baru ini. Kecuali Soekarno dan Hatta di lembaran Rp.100.000, Seluruh pecahan rupiah baru ini bakal menampilkan wajah baru.

Uang100 Ribu

Pecahan Rp.100.000, tetap menampilkan Ir Soekarno dan Mohammad Hatta. Sementara itu uang kertas Rp.50.000 Rupiah bergambar Djuanda Kartawidjaja. Sosok pahlawan asal Tasikmalaya ini sebelumnya juga telah dijadikan nama bandara di Surabaya.

Uang pecahan Rp.20.000 bergambar Sam Ratulangi, tokoh yang pernah menjadi Gubernur Sulawesi itu memimpin perlawanan masyarakat di daerah manado. Sam juga anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tahun 1945.

Uang 20 Ribu

Di uang Rp.10.000 tergambar pahlawan asal Papua, Frans Kaisiepo. Pria ini menjadi orang papua yang menentang berdirinya Negara Indonesia Timur. Bahkan sosok Frans lah yang membuat sebutan Ikut Republik Indonesia Anti Netherland atau biasa kita sebut dengan ‘Irian’.

Pada uang Rp.5.000 di isi dengan sosok Idham Chalid. Idham adalah pahlawan dari Kalimantan Selatan yang pernah menjadi wakil perdana menteri Indoensia Kabinet Djuanda. Idham pada usianya yang ke 34 tahun diangkat sebagai ketua PBNU pada muktamar ke 21.

Uang 2000 Rupiah

Uang Rp.2.000 menampilkan Moehamad Hoesni Thamrin. Hoesni Tamrin adalah perintis revolusi kemerdekaan Indonesia dari betawi. Sementara itu untuk pecahan Seribu Rupiah menggantikan kapitan patimura ada Tjut Meutia. Dia adalah pahlawan perempuan dari Aceh.

Uang 1000 rupiah

BI juga merilis desain uang logam baru. Untuk uang logam Seribu rupiah menampilkan I Gusti Ketut Pudja. Sedangkan logam Rp.500 bergambar Tahi Bonar Simatupang. Tjipto Mangunkusumo menjadi model di uang Rp.200 dan Herman Johanses menjadi wajah pahlawan yang ditampilakan di pecahan Rp.100.(Wildan)

Artikel Lainnya

Apa Itu Rush Money? Yuk Kenali Resiko Bila Hal Tersebut Terjadi

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY