Begini Manfaat Sering Bertanya Pada Guru di Kelas

518


Demosmagz.com –Selaras dengan kurikulum 2013, dimana siswa dituntut untuk aktif di kelas.Meski begitu, guru sebaiknya  lebih aktif ketimbang siswanya karena dalam kurikulum 2013 guru memang dituntut  harus memiliki knowledge lebih daripada siswa-siswanya.

Jika dalam suatu  proses pembelajaran menggunakan metode ceramah, alangkah lebih baiknya jika suasana kelas tidak hanya pembelajaran satu arah saja, melainkan dibarengi dengan diskusi atau tanya jawab.

Kondisi kelas yang pasif memiliki dua kemungkinan  siswa mengerti materi yang telah disampaikan atau justru siswa tidak mengerti materi tersebut. Nah,pPenting bagi seorang guru untuk meningkatkan gairah siswa agar bertanya, karena selain bermanfaat bagi siswa, bermanfaat juga bagi guru itu sendiri.

Dengan keaktifan siswa bertanya, guru dapat mengingat kembali materi-materi tertentu, kemudian menjadi motivasi agar guru lebih giat dan semangat dalam mendidik siswanya.

Dilansir dari situs cerdas terpelajar berikut manfaat bagi siswa yang sering bertanya saat proses pembelajaran.

  1. Sebagai bekal saat ujian

Ketika proses belajar, terkadang ada materi pelajaran yang belum di mengerti. Ini menjadi kesempatan untuk bertanya kepada guru. Materi yang ditanyakan biasanya akan selalu sobat demagz ingat sehingga saat menghadapi ujian atau tes, sobat demagz  bisa menjawabnya.

  1. Sebagai pengembangan materi

Sering bertanya akan memudahkan sobat demagz untuk menyerap materi pelajaran. Selain itu, dapat memandang pelajaran dari sudut pandang yang lebih luas pula. Guru akan menjelaskan materi yang belum jelas atau memberi penjelasan tambahan.

  1. Sebagai media mengajarkan materi kepada teman yang lain

Bertanya muncul dikarenakan ketidakpahaman materi, tetapi selain alasan itu, bertanya juga merupakan cara untuk memberi pengajaran kepada teman sobat demagz. Hal ini dapat membantu temanyasobat demagz yang suka malu untuk bertanya. Sehingga teman sobat demagz mungkin akan terbantu dengan sobat bertanya kepada guru.

  1. Menambah kepercayaan diri

Pelajar yang cerdas mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi. Banyak bertanya akan menambah kepercayaan dan tentunya jadi lebih disukai guru.

Pernahkah sobat demagz mendengar istilah malu bertanya sesat di jalan? Maka, bertanya kepada guru merupakan salah satu proses dalam belajar untuk  mengembangkan diri, selain itu kita juga dapat melatih keterampilan kita berbicara di depan umum.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY