Begini Cara Alami Atasi Alergi Kerang

1114

Demosmagz.com – Alergi terhadap kerang biasanya terjadi ketika orang mengkonsumsi olahan kerang-kerangan, beberapa orang dengan alergi kerang bereaksi terhadap semua jenis kerang, sedangkan yang lainnya hanya bereaksi terhadap jenis kerang tertentu saja. Reaksi berkisar dari gejala ringan , seperti gatal-gatal atau hidung tersumbat – sampai parah dan bahkan reaksi yang mengancam keselamatan jiwa.

Apakah anda termasuk orang yang alergi kerang ? disini penulis coba mengulas apa itu alergi kerang. Alergi kerang adalah respon abnormal sistem kekebalan tubuh terhadap protein pada hewan laut tertentu. Kerang termasuk hewan laut dengan cangkang, seperti udang, kepiting, tiram dan lobster, serta gurita, cumi-cumi dan kerang.

Jika Anda berpikir Anda memiliki alergi kerang, konsultasikan dengan dokter Anda. Tes dapat membantu mengkonfirmasi alergi kerang, sehingga Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk menghindari reaksi di masa depan.

Secara umum gejala alergi kerang umumnya berkembang dalam beberapa menit sampai satu jam setelah mengkonsumsi kerang. Gejalanya termasuk:
• Hives, gatal-gatal atau eksim (dermatitis atopik)
• Pembengkakan pada bibir, wajah, lidah dan tenggorokan, atau bagian tubuh lainnya
• Hidung tersumbat atau kesulitan bernapas
• Nyeri perut, diare, mual atau muntah
• Pusing, sakit kepala atau pingsan
• Kesemutan di mulut

Alergi dapat menyebabkan reaksi yang berpotensi mengancam jiwa yang dikenal sebagai anafilaksis. Reaksi anafilaksis terhadap kerang atau makanan apa pun adalah keadaan darurat medis yang membutuhkan pengobatan dengan injeksi epinefrin (adrenalin) dan penanganan medis darurat.

Berikut tanda dan gejala anafilaksis yaitu tenggorokan bengkak atau benjolan di tenggorokan (penyempitan saluran napas) yang menyulitkan penderita untuk bernapas, kemudian Shock, dengan penurunan hebat dalam tekanan darah, terus juga detak jantung cepat, dan juga pusing, kepala ringan atau kehilangan kesadaran.

Jika ini terjadi pada anda atau pun pada orang yang berada dekat anda maka, Segera temui dokter atau spesialis alergi jika Anda memiliki gejala alergi makanan setelah makan kerang. Cari pengobatan darurat jika Anda mengembangkan tanda-tanda atau gejala anafilaksis.

Berikut cara mengatasi secara alami yang biasa dilakukan dan dapat di coba bagi anda penderita alergi kerang atau pun seafood, berikut ulasannya;

Jeruk Nipis
Penggunaan jeruk nipis atau lemon sangat membantu untuk semua jenis alergi. Lemon atau jeruk nipis adalah salah satu makanan terbaik yang dapat menyembuhkan alergi terhadap makanan laut seperti udang dan kerang. Ketika Anda mengalami gejala seperti gatal-gatal, segera minum segelas air hangat ditambah dengan jus lemon. Ini bisa mengurangi timbulnya ruam kulit pada tubuh Anda.

Madu
Madu juga dapat menyembuhkan alergi udang. Ketika Anda mulai merasa gatal setelah makan udang atau kerang, minumlah segelas air hangat ditambah satu sendok makan madu. Madu mengandung beberapa jenis vitamin yang dapat membantu meringankan gatal.

Makanan Kaya Vitamin E
Untuk menyembuhkan alergi karena udang, Anda bisa makan makanan yang kaya vitamin E seperti acar buah zaitun, pistachio, kacang tanah, kacang kering, dan masih banyak lagi. Vitamin E mengandung sifat anti-alergen yang membantu untuk menyingkirkan dan mencegah alergi akibat makanan tertentu.

 

Jus Sayuran
Protein dalam jus sayuran akan membantu mengurangi pembengkakan di lidah Anda. Ini merupakan salah satu minuman terbaik untuk obat alergi udang. Jus sayuran seperti wortel dicampur dengan mentimun atau akar bit dengan bayam akan membantu Anda menyembuhkan alergi.

Jahe
Minum secangkir jahe hangat dapat menyembuhkan alergi karena udang atau makanan laut lainnya. Jahe berguna untuk mengurangi ruam merah dan gatal yang disebabkan oleh udang.

Jika anda memang berisiko tinggi untuk mengalami reaksi alergi yang serius, konsultasikan dengan dokter dan jadilah pasien yang cerdas dan kritis supaya tidak terjadi salah paham. Tulisan ini di himpun dari berbagai sumber. (kahar)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY