Bau Mulut Saat Berpuasa ? Cobalah Tips Ini

191

Demosmagz.com – Berpuasa saat bulan Suci Ramadhan merupakan kewajiban yang harus dijalankan bagi umat Islam. Namun, meski sedang melakukan ibadah suci, bukan berarti sobat Demagz dapat mengabaikan kebersihan tubuh, diantaranya kebersihan mulut. Berikut ada beberapa cara menjaga nafas sobat Demagz untuk tetap segar saat berpuasa.

1. Sikat Gigi Seperti Biasa
Utamakan sikat gigi setelah makan sahur dan lakukan dengan baik, pastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal di mulut sobat Demagz. Sikat gigi juga bisa dilakukan saat berpuasa, asal tidak ada yang tertelan.

2. Minum Air Putih
Pada saat setelah makan sahur, usahakan untuk minum air setidaknya 2 – 3 gelas, konsumsi banyak air dapat menghindarkan bau mulut yang disebabkan keringnya mulut. Minum banyak air juga akan menjaga tubuh tetap segar dan menghindarkan dehidrasi.

3. Berkumur
Saat berwudlu sebelum sholat, sobat Demagz dapat berkumur. Ini untuk membersihkan kotoran-kotoran dan bakteri dalam mulut khususnya di sela-sela gigi, pastikan sobat Demagz tidak menelannya.

4. Gunakan Siwak
Sejumlah penelitian internasional membuktikan bahwa, membersihkan mulut, gigi, dan gusi dengan dahan atau akar pohon siwak sangat efektif membersihkan mulut, dan hal ini juga sudah dianjurkan oleh Nabi SAW. Kini siwak sudah digunakan sebagai bahan dalam beberapa jenis produk, yang berkaitan dengan kesehatan dan kebersihan mulut.

5. Teh Hijau
Teh hijau mengandung zat aktif catechin yang dapat membunuh bakteri di mulut dan menghilangkan bakteri penyebabkan bau mulut. Selain itu, teh bunga lavender juga memiliki khasiat yang sama dengan teh hijau.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY