Bahan Bahan Dapur Untuk Pertolongan Pertama

186


Demosmagz.comBahan-bahan yang sering sobat Demagz letakkan di dapur, ternyata beberapa diantaranya tersebut tidak hanya dapat dibuat makanan atau minuman saja, namun bisa juga menolong sobat pada saat kondisi-kondisi darurat. Penasaran bahannya apa saja? Berikut merupakan bahan-bahan dapur yang sudah teruji secara ilmiah memiliki manfaat dan dapat digunakan pada saat kondisi darurat.

Bawang

 

Bawang dapat digunakan sebagai pengobatan topikal untuk luka bakar. Oleskan potongan bawang pada kulit yang terbakar secepatnya untuk membantu mengurangi rasa sakit.,bumbu dapur ini juga dapat digunakan akibat sengatan lebah.

Madu

Di Negara Amerika Serikat, para dokter anak tidak menganjurkan untuk memberi obat bagi anak yang sedang flu atau batuk. Sebagai alternatifnya adalah memberikan satu sendok teh madu saat si kecil terserang flu atau batuk. Namun, bagi anak berusia kurang dari setahun pemberian madu tidak direkomendasikan, karena risiko keracunan bakteri.

Jahe

Jahe selain dapat menjadi bumbu masak, ternyata berbagai penelitian menunjukkan bahwa jahe bermanfaat untuk mengurangi rasa mual dan muntah. Caranya pun mudah, rebus jahe lalu minum air rebusan tersebut hangat-hangat.

Garam

Garam sangat baik sebagai obat menghilangkan radang atau anti-inflamasi. Gunakan garam untuk mengobati sakit tenggorokan dengan cara berkumur dengan air garam.

Obat Kumur
Obat kumur biasanya dipakai setelah menyikat gigi, agar gigi dan mulut lebih bersih. Namun dapat juga menjadi resep ampuh mengatasi sariawan maupun radang tenggorokan.

Es Batu
Untuk mengurangi bengkak atau nyeri pada luka cedera, gunakan kompres dingin dengan menggunakan es batu. Kompreslah tak lebih dari 20 menit untuk mencegah radang beku.

Teh Hijau

Teh hijau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti mengurangi kolesterol, menyehatkan kulit dan juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Namun teh hijau juga berguna saat kondisi terdesak seperti, membantu menyejukkan pernafasan maupun mengurangi bengkak pada mata.

Pasta Baking Soda
Baking soda selain dipakai untuk membuat kue, juga dapat menjadi obat pertolongan pertama saat digigit serangga. Caranya, campurkan tiga sendok teh baking soda dengan satu sendok teh air lalu usapkan pada bagian yang tergigit serangga. (ara)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY