Awas! Virus di Facebook Ini Siap Rusak Ponsel dan Komputer

379

 

Tekno, Demosmagz.com Selalu ada saja cara untuk menyelipkan virus malware ke dalam computer/ smartphone kita, Facebook yang kita kenal sebagai media sosial popular adalah tempat menyebarkan malware. Malware adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, modusnya sangat beragam. Saat ini demosmagz akan membahas tentang modus penyelundupan malware di Facebook.

Kalau Sobat demagz pernah melihat ada link di facebook berupa “Cari Tahu Yuk Siapa Yang Sering Banget Kepoin Facebook Kamu Caranya Buka www” itu adalah salah satu modusnya, ketika kita klik link tersebut, kita akan ter-redirect ke situs penyedia malware lalu kita akan dipaksa mendownload semacam aplikasi, kemudian kita menginstall aplikasi tersebut lalu malware mulai bekerja dibalik sepengetahuan pengguna komputer.

Dampak daripada malware ini memang menyebalkan, bisa merusak seluruh sistem, cara penanggulangannya pun cukup sulit karena melekat di beberapa sistem yang cukup vital, bahkan untuk menghilangkannya beberapa pengguna komputer mesti mengistal ulang OS Windows nya. Berbahaya bukan?

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, demosmagz akan memberikan beberapa tindakan preventif untuk menceegah malware masuk ke dalam komputer kita melalui facebook, yaitu

  1. Jangan klik link ‘sembarangan’

Banyak beredar link sembarangan dengan caption yang sangat menarik, sobat demagz harus pintar dalam mem filter semua informasi yangg akan dikonsumsi oleh kita, apalagi ketika link nya sudah berbentuk shortlink (link singkat), karena kita tak tahu akan di redirect ke mana. Berhati hatilah.

  1. Jangan setujui download file jika kita tak ingin mendownload file apapun.

Jangan download aplikasi yang sama sekali kita tak ketahui fungsinya, karena itu adalah gerbang awal masuknya malware ketika kita mendownload file tersebut.

  1.  Hapus ekstensi browser jika tak diperlukan

Ekstensi browser juga akan menghadirkan malware, intinya ketika sobat demagz melihat ada ekstensi yang tidak ada hubungannya dengan aksi selancar di dunia maya maka hapuslah.

  1. be a smart people

Facebook adalah sosial media yang masih sangat digemari oleh khalayak dunia, belakangan ini banyak beredar isu hoax dan tak ada yang memfilternya, kesempatan ini di pakai oleh pihak yang ingin merugikan dengan menyelundupkan malware, dengan membuat isu lalu menyertai dengan link malware tersebut.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY