Atasi Sembelit Dengan Khasiat dari Buah Sawo

168

Demosmagz.com – Istilah sembelit atau yang dalam dunia medis dikenal dengan konstipasi merupakan masalah pencernaan yang sudah sangat umum terjadi. Sembelit ini juga bisa diartikan sebagai masalah susah buang air besar (BAB) atau buang air besar yang tidak teratur. Selain itu orang yang menderita penyakit sembelit biasanya juga diikuti rasa sakit di perut dan pengen segera buang air besar, bahkan hingga lari-lari ke toilet. Namun ketika sudah sampai di toilet, buang air besar terasa sangat susah sekali, pupnya tidak mau keluar akibat fesesnya sudah keras, selain itu juga terasa sakit.

Sembelit merupakan penyakit yang umum dan dapat mendera siapa pun, Sawo diketahui memiliki kandungan serat cukup tinggi sehingga bisa menjadi obat sembelit. Penggunaan sebagai pencahar dengan memilih sawo matang dengan kadar air yang lebih tinggi.

Selain zat flavonoid dan saponin, sawo juga memiliki kandungan tanin. Kandungan unsur tersebut bermanfaat sebagai anti peradangan, antivirus, antibakteri, dan antiparasit. Konsumsi tanin secara seimbang berperan pula dalam menjaga kesehatan usus dan pencernaan.

Sementara, kandungan vitamin sawo yakni Vitamin C dan Vitamin A. Vitamin C berperan sebagai Antioksidan dan vitamin A penting untuk penglihatan. Sawo diketahui pula memiliki kandungan mineral seperti kalium, besi tembaga. Senyawa ini penting untuk kesehatan proses metabolisme dalam tubuh. Dikutip dari berbagai sumber. (Kahar)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY