Asal Usul Plangon, Bukit Hunian Kera Dari Cirebon

2026


Wisata, Demosmagz.com Jika berwisata Ke Cirebon jangan lewatkan wisata ke tempat yang satu ini. Plangon namanya. tempat ini adalah sebuah bukit yang di huni oleh ratusan ekor kera. Ketika sobat demagz berkunjung kesini sudah dipastikan akan disambut oleh para sekawanan kera.

Tapi bagaimana sebetulnya sejarah bukit plangon? dari beberapa literasi demosmagz.com menemukan temuan jika plangon sudah ada sejak abad ke 14. Saat itu Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksasan datang ke Giri Toba bersama 60 orang pasukannya. Sebelum ke Giri Toba Pangeran Kejaksan dan Pengeran Panjunan meminta pasukanya untuk membuat tempat peristirahatan. Maka sebuah bukit yang saat ini disebut bukit plangonlah yang dipilih sebagai tempat peristirahatan.

Disana dua pangeran tersebut mendirikan pande domas sebagai tempat membuat perkakas seperti gergaji, lingis, cangkul dan lainya. Sebagai bentuk terimakasih dua pangeran kepada bukit yang telah dimukiminya itu. Ditanamlah tujuh buah pohon beringin yang sampe saat ini dikenal dengan sebutan beringin pitu.

Saat ini Plangon telah menjadi objek wisata yang cukup dikenal di Cirebon. Walau sudah lewat masa jayanya Plangon masih punya daya tarik untuk dikunjungi. Kini Plangon sangat dikenal sebagai objek wisata yang erat kaitanya dengan kera. Untuk menuju ke tempat ini sobat demagz mesti menempuh jarak 40 menit saja dari kota Cirebon. Lokasi Plangon juga dekat dengan Kabupaten Kuningan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY