Ada Nuansa Cirebon di Desain Uang Baru Rupiah

1868
Uang Rp.50.000 Baru

Demosmagz.com – Belum lama ini Bank Indonesia baru saja meresmikan desain baru uang rupiah tahun emisi 2016. Desain baru ini menampilkan 12 wajah pahlawan yang menghiasi mata uang republik Indonesia itu. Terlebih di desain baru ini kita juga dapat melihat pemandangan-pemandangan alam, flora dan tarian khas Indonesia.

Desain Rupiah Baru

Akan tetapi, tahukah sobat demagz jika di salah satu pecahan uang baru, kita dapat melihat nuansa Cirebon yang bisa kita lihat jelas jika uang baru tersebut disinari sinar ultra violet? Ya! Di pecahan Rp. 50.000 rupiah yang baru kita dapat melihat corak mega mendung disalah satu sudut uang tersebut.

Pada pecahan Rp. 50.000 kita dapat melihat tokoh pahlawan Ir. H. Djuanda, di baliknya kita juga bisa melihat pemandangan taman nasional pulau komodo. Masih dalam uang yang sama ada juga gambar penari legong dan bunga jepun Bali. Akan tetapi jika sobat lebih detail lagi melihatnya. Di samping foto Ir.Djuanda kita dapat melihat corak baik mega mendung yang terlihat samar.

Namun, Jika uang baru tersebut disinari sinar ultra violet maka corak batik khas kota udang itu akan sangat ketara jelas. Hal ini dilakukan oleh BI sebagai bentuk pengamanan berlapis uang rupiah. Bentuk pengamanan seperti ini dinilai akan sangat sulit di palsukan.(Wildan)

Baca Juga :

BI Resmi Rilis 11 Uang Rupiah Baru

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY