Ada 225 Orang di Kabupaten Cirebon yang Mengidap Gizi Buruk

584

Cirebon, demosmagz.com – Menjamin nutrisi dan gizi anak tetap terjaga memang tanggung jawab penuh orangtua. Terlebih orang tua mana yang menginginkan buah hatinya mengidap gizi buruk. Biasanya mereka yang menderita gizi buruk adalah masyarakat kelas bawah meski tak dipungkiri jika ketidaktahuan orang tua dalam asupan gizi yang tepat untuk anak juga menjadi faktor lain seorang anak menderita gizi buruk.

Nah, Tahun 2016 lalu dinas kesehatan Kabupaten Cirebon mencatat ada 225 warga kabupaten Cirebon yang menderita gizi buruk. Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon H Ahmad Qoyyim. Meski begitu menurutnya angka 225 penderita gizi buruk itu belum dilakukan pengecekan secara mendetail.

“Jika usianya empat bulan maka berat badan harus empat kilogram (kg). Jika usia 12 bulan, maka berat badan harus 9-10 kg, itu idealnya, tapi ketika lebih dari satu tahun sampai orang dewasa beda lagi hitungannya” Kata Qayim .

Akan tetapi masih  menurut Qayim, untuk Kabupaten Cirebon sendiri angka penderita gizi buruk didata menurun dari tahun sebelumnya. Dia mengungkapkan jika gizi buruk yang diidap balita di Kabupaten Cirebon di tahun 2015 mencapai 0,14 persen. Sementara di tahun 2016 angkanya menjadi 0,12 persen

“Secara jumlah masih kecil dan mengalami penurunan dan khusus untuk balita bisa dinamakan gizi buruk setelah mengikuti perkembangan selama satu tahun” Jelasnya.

Kedepan pihaknya mengkalim akan bekerjasama dengan Rumah sakit terdekat dalam upaya penanggulangan gizi buruk di Kabupaten Cirebon.

“Jadi penanganan itu tidak bisa dilakukan sendiri, harus ada penunjang lainnya seperti rumah sakit itu sendiri sangat penting,” ujar pria yang pernah menjabat Direktur RSUD Arjawinangun itu.(Wildan)

Baca Juga : Fenomena Gempuran Puluhan Juta Tenaga Kerja Asing Bikin Heboh

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY