6 Tanda Bayi Sudah Siap Menerima Asupan Selain ASI

264

Demosmagz.com – Setelah mendapatkan ASI eklusif pada usia 0-6 bulam selanjutnya bayi mendapatkan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI). Memberikan MP-ASI terlalu dini memungkinkan akibat buruk untuk perkembangan bayi, sehingga bagi orang tua yang memiliki bayi harus tahu kapan waktu yang tepat memberikan MP-ASI. berbagai sumber mengatakan waktu yang tepat memberikan MP-ASI adalah pada usia 6 bulan, seperti apakah tanda tanda bayi yang siap mendapatkan MP-ASI? berikut adalah tanda-tanda bayi siap Menerima MP-ASI :

  1. Bayi mampu menyangga tegak kepalanya (karena ini berkaitan dengan kemampuan-nya mengendalikan otot saraf dibagian kepala dan leher). ini memudahkan makanan tertelan sempurna oleh sang bayi.
  2. Bayi mulai memasukan tangan atau benda apapun kedalam mulut. ciri ini menandakan bahwa naluri sang bayi terhadap kebutuhan akan MP-ASI telah muncul.
  3. Bayi memberikan ekpresi bahagia ketika merasakan tekstur atau citarasa baru dari benda/makanan yang masuk kedalam mulutnya. tanda ini menandakan indera perasa sang bayi mulai mengenal dan menyukai cita rasa lain selai rasa ASI.
  4. Bayi terlihat menginginkan dan berusaha meraih apapun yang kita makan. ini menandakan sang bayi ada keinginan untuk mencoba makanan selain ASI. Perlu diperhatikan bagi para orang tua ketika memakan sesuatu dan sang bayi berusaha meraih sebaiknya jangan memberikan apa yang kita makan, karena belum tentu yang kita makan itu cocok untuk pencernaan sang bayi.
  5. Bayi mudah gelisah dan rewel belum lama setelah menikmati ASI. ini menadakan bahwa kecukupan ASI nya berasung angsur berkurang. bayi umur 0-6 bulan memerlukan ASI 900ml/hari sedangkan pada usia 6-12 bulan kecukupan ASI menjadi sekitar 500-600ml/hari. sehingga kebutuhan nutrisi pada usia 6-12 bulan mulai dipenuhi oleh MP-ASI.
  6. Bayi bangun tengah malam meskipun sebelum tidur sudah puas mendapatkan ASI. malam hari adalah proses dimana makanan yang dimakan tercerna, walupun sudah puas meminum ASI sebelum tidur tetapi ketika tengah malam rasa kenyangnya sudah tercerna, sehingga bayi pun terbangun. Perlu diperhatikan bagi para orang tua walaupun bayi terbangun pada tengah malam itu bukan waktu yang tepat untuk memberikan MP-ASI.(Rangga)

Baca Juga : Kenali Resiko Asupan Selain ASI Pada Bayi Usia Dini

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY