6 Masjid Dengan Pesona Arsitektur Unik di Indonesia

79
sumber foto : infobdg.com

Demosmagz.com – Masjid, tempat ibadah umat islam. Sebuah bangunan religius yang terkadang memiliki kecantikannya sendiri. Kecantikan yang justeru membuat banyak orang tertarik untuk singgah dan menyempatkan shalat disana. Di zaman ini, pertumbuhan masjid semakin menggembirakan. Model bangunanyapun semakin beragam, Semakin unik dan cantik. Ragamnya itu makin membuat umat muslim semakin tergugah untuk datang kesana.

Nah, di Indonesia saat ini telah banyak masjid dengan gaya unik dan arsitektur cantik. Bahkan diantaranya sempat mendapatkan penghargaan internasional sebagai salah satu bangunan terindah di dunia. Masjid-masjid unik nan cantik itu kini terdapat di sekujur nusantara. Mau tahu masjid unik apa saja yang terdapat di Indonesia? Simak ulasan demosmagz berikut ini.

  1. Masjid Al Irsyad Padalarang Bandung

Jika masjid identik dengan kubah, maka tidak akan kita temukan di masjid ini. Sebab, bentuk masjid ini adalah kubus. Salah satu Keindahan dari masjid ini adalah tulisan kaligrafi Laailaha Ilallah Muhammad Rasulullah yang mengelilingi masjid. Kaligrafi itu dibentuk dari celah-celah bata yang disusun sebagaimana rupa sehingga tertulis kalimat syahadat tersebut. Selain itu, masjid yang diarsiteki oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil itu arah kiblatnya terbuka alias tanpa dinding. Jadi kita dapat melihat langsung pemadangan Bandung ketika sedang shalat. Masjid yang diresmikan pada tahun 2010 sempat mendapat anugerah sebagai salah satu bangunan terbaik didunia.

  1. Masjid Agung Sumenep

Jika biasanya masjid memiliki gaya arsitektur timur tengah. Maka, masjid ini justeru menampilkan corak tiongkok. Masjid itu adalah masjid agung Sumenep. Masjid kebanggan masyarakat Madura terutama Sumenep itu memang lain dari pada yang lain, sebab jika dilihat sekilas. Tampilanya benar-benar sangat tiongkok, dari mulai pagar depan sampai dengan bangunan inti, semua bernafaskan negeri tirai bambu itu. Tapi, tak mutlak bergaya tiongkok ada sentuhan eropa dan jawa juga yang terdapat di masjid yang didirikan tahun 1787 itu.

  1. Masjid Agung Jawa Tengah

Masih Tetap di pulau Jawa, kali ini ada masjid agung kebanggan masyarakat Jawa Tengah. Ya, apalagi kalau bukan masjid agung jawa tengah. Sudah bukan rahasia umum jka masjid ini tergolong masjid istimewa. Selain gaya arsitekturnya yang indah salah satu hal yang membuat bangunan ini begitu dikenal adalah karena masjid ini memliki payung raksasa yang dapat terbuka dan tertutup seusai cuaca. Payung raksasa ini mirip seperti yang ada di masjid nabawi di Madinah Arab Saudi. Jadi, kalau belum kesempatan berkunjung ke masjid nabawi, bisa singgah dulu di masjid yang letaknya di Semarang itu

  1. Masjid Raya Sumatera Barat

Sekarang kita pindah ke Sumatera. Ada masjid yang cukup unik di sini. Tepatnya di Padang Sumatera barat. Mengapa unik? sebab masjid ini memiliki arsitektur yang unik. Sama hal nya dengan masjid al irsyad di Bandung, masjid ini tak menggunakan ka’bah. Atap masjid ini menyerupai bentangan kain yang dipakai untuk mengangkat hajar aswad. Jika di ingat Nabi Muhammad dalam suatu riwayat pernah mendamaikan empat kabilah quraisy yang berselisih karena ingin meletakan hajar aswad disatu sudut ka’bah. Melihat itu rasululah berinisiatif membentangkan kain untuk dijadikan alas hajar aswad yang dapat diangkat bersama-sama. Nah, cerita itu yang mengilhami arsitektur masjid kebanggan orang minang ini

  1. Masjid 99 Cahaya Tulang Bawang Barat

Satu masjid lagi yang memiliki bentuk unik. Masjid ini dikenal dengan nama masjid 99 cahaya yang terletak di Kabupaten Tulang Bawang Barat Provinsi Lampung. Masjid ini bergaya arsitektur yang sungguh modern yang menonjolkan keindahan tersendiri. Siapapun yang sekedar melintas pasti tak menyangka jika itu adalah bangunan masjid. Masjid ini juga disebut sebagai islamic center tulang bawang barat. Bangunannya berbentuk vertikal dengan atap yang yang tanpa kubah. Didalamnya kita bisa melihat kaligradi-kaligrafi yang indah. Selain itu atap masjid ini juga menampilkan nama-nama allah sebanyak 99 yang akan terlihat sangat indah di malam hari. Lebih indah lagi masjid ini terletak di tengah-tengah danau buatan yang bakal membuat orang yang datang semakin nyaman

6.Masjid Sumareccon Bekasi

Terakhir, ada masjid di Sumareccon Bekasi. Seperti halnya masjid-masjid yang telah dijelaskan diatas, masjid ini memiliki sisi unik yang membuatnya terlihat indah nan cantik. Masjd ini memiliki nama asli masjid Al Azhar.Masjid yang juga dirancang oleh Ridwan Kamil ini berbentuk kubus dan memang terinspirasi dari ka’bah. Selintas masjid ini memmiliki bentuk yang mirip dengan masjid al irsyad, dengan tanpa dinding di arah kiblatnya dan sekeliling masjid di hiasi dengan kalimat syahadat menggunakan lubang-lubang ventilasi. Bedanya, masjid ini didominasi warna coklat yang memiliki kesan timur tengah yang kental. (wildan)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY