6 Manfaat Ketawa Untuk Tubuh

217

tertawaDemosmagz.comSeseorang pasti akan tertawa atau tersenyum lepas, saat bahagia atau melihat hal lucu. Tertawa merupakan ekspresi kebahagian yang muncul secara spontan tanpa bisa direkayasa, ekspresi ini tanpa disadari punya manfaat untuk tubuh kita loh sobat demagz.

Menariknya lagi penelitian para ahli mengungkapkan, bahwa tertawa 100 kali setara dengan 15 menit bersepeda. Kebanyakan orang mengira bahwa tertawa hanya bisa membuat seseorang terlepas dari penatnya, ternyata dibalik itu memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Yuk kita simak apa saja manfaatnya;

  1. Cegah dan Redakan Stres

Salah satu manfaat tertawa paling nyata adalah bisa mencegah timbulnya stres. Paul E McGhe, Ph.D mengungkapkan bahwa, hal pertama yang terjadi pada tubuh saat tertawa lepas akan membuat hormon penyebab stres menjadi berkurang. Ketika hormon stres ini berkurang, tentunya akan membuat seseorang menjadi lebih tenang dan bahagia.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Tertawa dipercaya bisa membuat daya ingat seseorang bekerja dengan baik, saat pikiran jauh dari stres serta bahagia tentunya akan membuat kemampuan berpikir menjadi lebih baik. Tertawa menyebabkan aliran oksigen ke otak menjadi lancar, pasokan oksigen yang cukup membuat memori dan daya ingat seseorang menjadi meningkat.

  1. Pikiran positif

Tertawa mampu membentuk pikiran positif karena tertawa akan menghilakan rasa marah, takut, stres serta emosi negatif lain. Satu penelitian membuktikan bahwa pasien sakit yang tertawa, akan memiliki reaksi positif terhadap obat-obatan yang dikonsumsinya.

  1. Meningkatkan Imun Tubuh

Pikiran akan memproduksi hormon serta perasaan positif saat sobat Demagz tertawa lepas, dengan begitu imun atau sistem kekebalan tubuh pun akan meningkat. Tertawa akan mengendurkan otot dan memicu hormon yang bermanfaat menghilangkan rasa sakit pada tubuh. Selama satu menit tertawa terbahak-bahak, setara dengan 10 menit olahraga lho sobat demagz.

  1. Jantung Lebih sehat

Otot diafragma di dalam jantung, akan ikut bergerak saat sobat demagz tertawa. Jantung akan memompa darah lebih lancar, akibatnya adalah otot diafragma jantung yang ikut bergerak akan membuat jantung lebih sehat dan aliran darah dalam tubuh lebih lancar.

  1. Membakar Kalori Tubuh

Tertawa akan membakar kalori tubuh sobat demagz. Saat tertawa terbahak-bahak selama satu menit setara dengan 10 menit olahraga, maka perbanyaklah tertawa untuk membakar kalori dalam tubuh.

 

Manfaat tertawa bagi kesehatan bisa sobat Demagz dapatkan secara gratis tanpa perlu biaya apapun. Tubuh sehat dan mental positif, merupakan senjata utama jika sobat demagz ingin memiliki umur panjang dan tidak mudah sakit. Sudahkah sobat Demagz tertawa hari ini?

 

Sumber ;

www.vemale.com

manfaat.co.id

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY