5 Tips Supaya Liburanmu Gak Bikin Dompet Jebol

142

Demosmagz.com – Liburan, siapa juga yang tidak mau berlibur. Menghabiskan waktu dengan keluarga, teman atau bahkan pasangan ke tempat-tempat yang indah. Tempat dimana kita bisa melupakan sejenak rutinitas sehari-hari. Sekedar menghilang sejenak untuk menyegarkan kembali otak.

Bersyukurlah kita tinggal di Indonesia. Negara yang memiliki banyak lokasi untuk berlibur. Tetapi, takdir tuhan untuk membuat cantik negeri ini kadang tak sejalan dengan takdir mengenai kondisi dompet kita. Karena itulah ketika sobat demagz mendapat jatah libur, kadang tidak dapat dimaksimalkan lantaran isi dompet yang tak bersahabat. Nah, kali ini mari kita ulik, bagaimana sih caranya agar liburan tak terlalu menguras dompet.

  1. Tentukan Biaya dengan Matang

Ini mungkin sering dilakukan namun pada prakteknya sering dilanggar. Ya, ketika kita telah menentukan biaya berlibur, kita justru melanggar batas biaya liburan yang kita sepakati. Jadi, ketika sebelum berangkat berlibur, tentukan dulu berapa banyak budget yang akan dikeluarkan. dari mulai akomodasi, penginapan, makanan sampai oleh-oleh. Kalau perlu buat Rancangan Bnggaran Berlibur (RAB) yang kita tulis rapih. Jadi ketika kita pulang dan mendapati RAB kita tidak kita langgar. Maka tak bakal ada keluhan biaya membengkak ketika kita pulang berlibur.

  1. Jangan Jauh-Jauh

Kita mau berlibur murah tapi inginnya pergi ke Raja Ampat?  tidak akan ketemu yang seperti itu. Jika ingin berlibur dengan biaya hemat, pilihlah destinasi-destinasi dekat yang sekiranya tak harus menggunakan pesawat. Saat ini sudah banyak daerah-daerah yang keindahanya sudah tereksplorasi, Maka coba manfaatkanlah itu.

  1. Transportasi dan Penginapan Murah

Jika ingin menekan pengeluaran, pakailah trasportasi-transportasi yang irit biaya. Jangan menggunakan trasportasi dengan kelas eksekutif, itu sama saja menghambur-hamburkan uang padahal esensi liburan bukanlah diperjalanan menuju ke tempat wisata. Selain itu, pilihlah penginapan yang tak usah mahal. Saat ini sudah banyak start up yang menawarkan jasa reservasi penginapan dengan membandingkan harga, jadi sobat bisa dengan mudah mencari penginapan yang sesuai dengan budget. Jangan lupa juga sering-sering cek promo penginapan di start up tersebut.

  1. Jangan Pergi Ketika Weekend

Namanya juga weekend ya pasti serba mahal. Jadi ketika sobat demagz pergi berlibur, ajukanlah cuti barang sebentar, jangan pilih waktu weekend apalagi long weekend. Selain harga-harga bisa naik berkali-kali lipat, tempat liburan yang ingin sobat datangi juga pasti bakal ramai. Percuma kan jauh-jauh berlibur mengeluarkan uang yang tidak sedikit malah tidak bisa menikmati liburan

  1. Oleh-oleh Jangan Terlalu Banyak

Ini bisa jadi yang bikin dompet benar-benar kempes. Oleh-oleh memang kadang perlu kita beli sebagai ungkapan pengertian kita kepada teman, keluarga atau pasangan. Tetapi, membeli oleh-oleh yang banyak juga akan mengakibatkan kondisi keuangan kita yang anjlok. Jadi, ketika beli oleh-oleh coba cari sesuatu yang khas dari daerah tempat liburan sobat dan memiliki harga murah. Seperti makanan ringan atau gantungan kunci.(Wildan)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY