3 Tips Simpel Mengatasi Memori Penuh Pada Android

192


Demosmagz.com – Memori dalam smartphone merupakan tools yang sangat penting. Karena disitulah tempat operating system terinstall serta data-data pribadi di smartphone. Penyimpanan data juga dipengaruhi oleh berapa besar ukuran penyimpanannya, saat ini sudah banyak memori baik micro SD atau penyimpanan sejenisnya yang sudah cukup besar untuk smartphone yaitu 16 GB sampai 128 GB.

Tapi tidak dipungkiri bahwa masih banyak orang yang memakai memori internal dalam ukuran kecil misal 4 GB dan 8 GB. Untuk sistem saja sudah termakan 2 GB belum install aplikasi lain seperti game, swap RAM  dan sebagainya yang akhirnya hanya tersisa 1-2 GB.

Melihat dari permasalahan diatas demosmagz coba untuk member tips agar memori terpakai optimal dan tidak terlalu penuh, yuk mari kita simak.

  1. Membersihkan cache

Cache adalah sisa sisa pemakaian baik offline maupun online yg tersimpan dalam memori, dan itu sepertinya tidak terlalu penting untuk disimpan. Untuk menghapus cache, Sobat demagz dapat memilih Settings > Storage > Cached data atau Setelan > Penyimpanan data > pilih data dalam cache, lalu hapus. Pembersihan cache dapat dilakukan pada memori internal dan eksternal. Bila pembersihan telah dilakukan maka memori yang sebelumnya terisi penuh perlahan akan berkurang.

  1. Install aplikasi Cache cleaner

Anda dapat menggunakan aplikasi tambahan salah Cache Cleaner untuk membersihkan cache pada Smartphone android. Anda dapat mendownload aplikasi Cache Cleaner di berbagai penyedia aplikasi. Untuk menghapus cache, jalankan aplikasi Cache Cleaner kemudian pilih Clear All Cached Files atau Clear Selected. Tunggu hingga proses penghapusan cache pada Smartphone selesai. Setelah selesai maka memori yang penuh akan mulai berkurang sesuai dengan cache yang dihapus.

  1. Hapus aplikasi yang kurang diperlukan.

Jika memori tetap penuh maka sobat bisa langsung menghapus aplikasi yang menurut sobat kurang diperlukan, selain mengurangi penyimpanan sobat juga mengurangi space RAM, karena ada beberapa aplikasi yang menyebabkan RAM bekerja di latar belakang.

Begitulah tips-tips sederhana mengatasi memori penuh pada smartphone, memori bisa dipakai optimal jika kita menggunakan dengan rapih dan membuang aplikasi yang tidak terlalu diperlukan.(Reja)

baca juga : Ingin Beli Charger Smartphone ? Perhatikan Tips Berikut Sebelum Membelinya

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY